Peralatan input Komputer




1. keyboard




  • Pengertian dan fungsi keyboard


      keyboard adalah salah satu input komputer dimana, keyboard berisi susunan huruf, angka dan alat control lain nya. meski pun bukan satu satu nya perangkat input komputer,  peran keyboard sangat lh penting karena sebagian perintah dan komando teks yg lain di masukkan ke dalam komputer melalui keyboard. 
     fungsi utama suatu keyboard adalah untuk memasukkan data maupun perintah pada komputer atau, yg di kenal sebagai perangkat input. dalam suatu papan keyboard terdapat huruf, beberapa tombol dan lampu yg menandakan keyboard berfungsi dengan benar.


sumber:www.nesabamedia.com    




2. Mouse





 Pengertian dan fungsi Mouse

      Mouse adalah salah satu hardware komputer yg menerima input-an berupa gerakan,tekanan tombol (click) ,dan penggulungan (scroll) yg dapat di gunakan untuk memilih teks,ikon, file,dan folder. Mouse dalam bahasa Indonesia di terjemahkan sebagai, “tetikus”. Dikatakan demikian karena bentuk device ini menyerupai tikus yg kecil meruncing di depan dan mengembung besar di bagian belakang.
Fungsi utama Mouse sebagai pointing device, yakni untuk mengerak kan pointer pada layar monitor baik itu personal computer (pc) maupun laptop.

                    Sumber:www.nesabamedia.com



3. Track Ball




Pengertian dan Cara kerjaTrack Ball

Track Ball adalah peranti petunjuk yg berupa sebuah bola yg berada di sebuah alat yg memiliki sensor gerakan. Bola jejak umum nya terdapat pada tetikus modren. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus. Sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.
Cara kerja Trackball sangat mudah, dengan digoyangkan/digerakkan ke kanan atau ke kiri, ke depan atau ke belakang, dengan menggunakan jari tangan sesuai kehendak yg di inginkan.

Sumber:mazayamari.blogspot.com


4. Pointing stick







Pengertian Pointing Stick

Pointing Stick adalah sebuah tongkat petunjuk/inti tekanan kecil yg sensitif di gunakan seperti joystick. Hal ini biasa nya di temukan pada laptop tertanam antara ‘G’ ‘H’ dan ‘B’ kunci. Ini beroprasi dengan merasakan gaya yg di berikan oleh pengguna. Yg sesuai “mouse” tombol biasa nya di tempatkan tepat di bawah sepasi. Hal ini juga di temukan pada tikus dan beberapa keyboard desktop.
Sumber: rikyta.blogspot.com


5. Touch Pad





• Pengertian dan Fungsi Touch Pad

Touch pad adalah perangkat petunjuk (pointer) yg terdiri dari permukaan permukaan khusus yg bisa menerjemah kan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif layar. Touch pad adalah fitur umum dari laptop dan juga di gunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yg kecil.
Fungsi Touch pad yaitu untuk memberikan bantuan khusus bagi pengguna agar menggurangi cara kerja mouse pada komputer / laptop.

Sumber:solusikompi.blogspot.com




6. Touch Scanner





• Pengertian dan fungsi Touch Screen

Touch screen merupakan sebuah display atau layar yg digunakan untuk mengetahui keberadaan dan lokasi suatu “sentuhan “ di dalam suatu area dengan membaca titik – titik koordinat dari sumber sentuhan yg menempel pada layar. Terminologi ini mengacu pada kontak atau sentuhan pada layar dengan menggunakan jari/tangan. Teknologi ini juga bisa mengetahui sentuhan dari objek pasif seprti stylus dan sejenis nya.
Fungsi nya adalah touch screen adalah teknologi layar yg menggunakan arus listrik, sehingga layar dapat di sentuh oleh jari atau benda lain nya.



Sumber:elekkomp.blogspot.com




7. Joystick






Pengertian dan Fungsi Joystick

Joystick adalah input komputer yg berwujud tuas atau tongkat dan dapat begerak ke segala arah, sedangkan games paddel biasa nya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari pelastik dan di lengkapi dengan tombol tombol yg akan mengatur gerak suatu objek di dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga di mensi ke komputer dan alat ini umum nya di gunakan sebagai pelengkap untuk memain kan permainan video yg di lengkapi lebih dari satu tombol.
Fungsi Joystick:
• Pelengkap untuk memainkan video yg di lengkapi lebih dari satu tombol.
• Untuk mengontrol permainan video
• Joystick juga banyak di implementasikan pada mesin mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truck.


Sumber:solusikompi.blogspot.com 





8. Light Pen





  •      Pengertian Dan Fungsi Light Pen
Light pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunsksn untuk menggambar  teknis atau grafis didalam computer
Fungsi light pen: untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkan, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal electronic setiap baris per detik
Cara kerja light pen : penggunaan light pen kadangkala dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area kecil, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan computer (lihat touch screen ). Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan akan menimulkan denyutan pulsa electronic  

                                                          
sumber: rikyta.blogspot.com

9.Digitizer



  •  Pengertian dan fungsi Digitizer

Digilizer adalah sebuah alat yang bisa menngubah data menjadi kode-kode digital.

Fungsi digilizer
1. Mengubah data analog ke data digital
2    2. Mengubah format ASCII dengan gnuplot

Sumber : dellaefriana02.blogspot.com


10.BARCODE READER



  •   Pengertian dan fungsi Barcode reader

Barcode adalah kode-kode untuk angka dan huruf yang terdiri dari kombinasi bar (garis) dengan berbagai jarak. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memasukkan data ke dalam computer.
Cara kerja barcode : seperangkat barcode scanner terdiri dari scanner, decober dan kabel yang menyambungkan decoder dengan computer. Barcode scanner tersebut memindai symbol , menangkap dan merubah kode bar menjadi data elektrik lalu mengirimkannya ke computer dengan format data yang sederhana
Sumber: wordpress.com 



11.Optical Mark Rognition


     OMR ( optical mark reader) adalah sebuah sisitem/program computer yang fungsi utamanya memproses data yang tertulis pada LJK/lembar jawab computer untuk diproses menjadi data based pada system komputer, dalam terjemahan mudah kita kenal sebagaimesin mesin pembaca tanda berbasis optic

Cara kerja system optical mark reader adalah system akan menterjemahkan data yang berupa gambar/images hasil scaning lembar LJK, untuk diterjemahkan kedalam databased system, sehingga setelah data terbentuk menjadi databased akan dapat diproses lebih lanjut menjadi laporan-laporan dengan gambaran secara global diatas maka dapat diterangkan step awal dari pemrosesan lembar LJK, adalah dengan men-scanning lembar LJK dengan menggunakan scanner ADF, sehingga menjadi data images, dan selanjutnya engine system OMR akan memproses data image ini untuk diterjemahkan ke dalam databased (semisal access, my SQL, Microsoft SQL,dll),proses selanjutnya setelah databased terisi maka system OMR akan memproses data lebih lanjut menjadi laporan-laporan baik berupa nilai ujian atau laporan-laporan bodata,dll.


Sumber: rhea-optical-recognition-omr.blogspot.com



12.  Optical chareater recognition


     OCR(optical chareater recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text dan aplikasi ini juga bisa menjadi support/aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adannya OCR, image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi. Text yang di scan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan setiap text dapat dimanupulasi, diganti, atau diberikan baracode
     Aplikasi OCR berfungsi untuk mengubah data yang telah selesai di scan oleh scanner yang akan menjadi file berupa image dan image tersebut aka diconfert atau dijadikan file berupa text.

Cara kerja:  
Meratakan gambar (auto deskewing)
Menganalisa (analysis)
Otomatis mengatur arah gambar(auto orientation)
Memisahkan setiap karakter huruf dan angka (sepaeating single character)
 Mengindentifikasi gambar (capturing the featureson the characters and comparing)
Menghasilkan file akhir (recognition result output)


Sumber: 16irmanda.blogspot.com


13.  Microphone




   Microphone atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan mikrofon adalah suatu alat atau komponen elektronika  yang dapat mengubah atau mengkonversikan energy akustik (gelombang suara) ke energi listrik (sinyal audio). Microphone (mikrofon) merupakan keluarga tranduser yang berfungsi sebagai komponen atau alat pengubah satu bentuk energy ke bentuk energi  lainnya.

Cara kerja microphone:

1.       Saat kita berbicara, suara kita akan membentuk gelombang suara dan menuju ke microphone
2.       Dalam microphone, gelombang suara tersebut akan menabrak diafragma (diaphragm) yang terdiri dari membran plastik yang sangat tipis. Diafragma akan bergetar sesuai dengan gelombang suara yang diterimanya
3.       Sebuah coil atau kumparan  kawat (voice coil) yang terdapat dibagian belakang diafragma akan ikut bergetar sesuai dengan getaran diafragma.
4.       Sebuah magnet kecil yang peermanen (tetap) yang dikelilingi oleh coil atau kumparan tersebut akan menciptakan medan magnet seiring dengan gerakan coil
5.       Pergerakan voice ciol di medan magnet ini akan menimbulkan sinyal listrik
6.       Sinyal listrik yang dihasilkan tersebut kemudian mengalirkan le Ampifier (penguat) atau alat perekam suara.


Sumber: teknikelektronika.com



14.  Speech recognition



  Speech recognition adalah suatu proses untuk mengkonversikan sinyal akustik (suara) melalui microphone sebagai perintah pengoprasian computer atau manulisan kata-kata.


Cara kerjanya: 
   mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat.


Sumber alfains.blogspot.com



 15.  Tele macro





Tele-macro : untuk mendekatkan subjek, namun mempersempit sudut pandang (tele) atau untuk memotret benda yang kecil (makro)

Soft skin mode : sedikit mengaburkan subjek untuk membuat gambar lebih bagus

Fade:  visualisasi dari perpindahan satu klip ke klip lain

Backlight compensation : ontuk mengatur cahaya di belakang subjek

Night view/0 lux night view : menggunakan “mode malam” pada kemera video

Recording check : untuk memeriksa proses recording

White balance : menyeibangkan warna putih pada berbagai background dengan variasi cahaya yang berbeda

Shutter speed : untuk mengatur kecepatan input video

Iris or gain value : mengatur jumblah cahaya yang masuk dalam lensa

Playback/pouse :memutar dan menghentikan sementara (pouse) proses review hasil recording

Stop:  menghentikan proses review hasil recording

Rewind (review playback) : memutar kembali hasil recording

Fast forward(cue playback) : mempercepat pemutaran hasil recording                                                  

sumber sitifarahim27.blogspot.com



16.  Glove



     Datagloves sering disebut “haptic glove “ atau “cybergloves”. The sayre glove, diciptakan oleh visualisasi electronic laboratory di tahun1977, adalah data glove pertama. Salah satu haptic glove yang tersedia untuk pengguna rumahan pada tahun 1987 adalah Nintendo power glove. Pada tahun 2002, p5 glove dirilis. Pada aplikasi normal, ia bekerja dengan 2 dimensi dan pada beberapa permainan kompter jyang khusus diadaptasi untuk menyediakan “3d” dukungan telah disediakan. P5 glove sudah kompatibel dengan Microsoft windows XP dan mac OS versi 9. Unofficial driver untuk linux juga sudah tersedia
Cara kerja  letak sensor pada data glove yang memiliki “5 sensor” ada pada tiap jari yang terdapat satu sensor. Letak sensor untuk data glove yang memiliki “14 sensor” adalah setiap jari yang memiliki dua sensor dan setiap ruas antar jari memiliki satu sensor. Letak sensor untuk data glove yang letaknya di dekat pergelagan tangan (untuk mendeteksi gerakan pergelangan tangan dan pangkal ibu jari).


Sumber: wordpress.com



17.  Headset


     Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau computer, misalnya untuk VoIP. Teknologi headst  sudah merambah kedunia kumunikasi khususnya teknologi telephone seluler
Fungsi utamanya adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih
Cara kerja headset adalah mengubah arus listrik menjadi gelombang suara yang dapat di dengar di telinga kita masing-masing.


Sumber: wordpress.com



18.  Sensor



  Sensor adalah sebuah aplikasi untuk mendeteksi sesuatu sesuai dengan printah atau kinerja sensor tersebut.
Prinsip kerja sensor atau cara kerja sensor dari PIR dengan mengukur energy infra merah  yang ditangkap oleh sensor.


belajarelektronika.com



19.  Pembaca Kartu Magnetic

   Kartu magnetic stripe adalah tipe kartu yang mampu menyimpan data dengan memodifikasi daya magnet dari partikel kecil magnetil berbasis besi pada pita dari material magnetic dari kartu.  Magnetic stripe, terkadang disebut magstripe. Kartu magnetic sctripe umumnya  digunakan pada stripe juga mengandung sebuah microchip yang biasanya digunakan untuk akses control kegiatan bisnis atau pembayaran elektronik.


Sumber: kompasiana.com





20.  Radio Frequency Identification Driver




     RIFD atau bisa disebut juga radio frequency indentification adalah system identifikasi berbasis wireless yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode atau magnetic card. Alat ini menggunsksn system radiasi elektromagnetik untuk mengirimkan kode.
Prinsip kerja RIFD menggunakan system identifikasi dengan gelombang radio, karena itu minimal dibutuhkan dua buah perangkat agar alat ini dapat berfungsi, adapun perangkat yang dibutuhkan disebut TAG dan READER.
RIFD atau bisa disebut radio  frequency identification adalah system identifikasi berbasis wireless yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode atau magnetic cord. Alat ini menggunakan system radiasi elektromagnetik untuk mengirimkan kode.


Sumber: immerse-lab.com


21.Image Scaner




     Kamera digital harus menggunakan film. Si pemotret dapat dengan mudah menangkap suatu objek tanpa harus susah-susah membidiknya melalui jendela pandang karena  kamera digital sebagian besar tidak memilikinya .sebagai media penyimpanan, Kamera digital menggunakan internal memori ataupun external memory yang menggunakan memory card.

Cara kerja kamera digital:

1.       Lensa menangkap gamabar, lalu diteruskan ke bagian panel penangkap gambar. Penagkap gambar atau biasa disebut sensor CCD- yang juga berfungsi sebagai view finder- mengirimkan gambar ke LCD. Sementara pada kamera DSLR,gambar juga dilewatkan ke cermin pantulan yang merefleksikan gambar ke jendela intip( eye finder)
2.       Gamabar yang ditangkap oleh lensa, dilewatkan pada filter warna yang kemudian akan ditangakap oleh CCD atau sensor gambar. Jarak antara lensa dan sensor ini dikenal dengan istilah focal length. Jarak ini pula yang akan menjadi factor pennggali pada lensa
3.       Tugas CCD adalah merubah sinyal analog (gambar yang ditangkap oleh lensa) menjadi sinyal listrik. Pada CCd ini terdapat jutaan titik sensor yang dikenal dengan pixel jadi istilah pixel atau megapixel pada kamera digital sebenarnya mengacu pada jumlah titik pada sensor ini. Semakin kecil sensor dan semakin banyak titik sensornya, maka akan semakin halus dan semakin tinggi resolusi gambar yan dihasilkan
4.       Gambar yang  ditangkap oleh sensor CCD diteruskan ke bagian pemroses gambar yang tugasnya memproses semua data dari sensor CCD menjadi data digital berupa file format gambar, serta melakukan proses kompresi sesuai format gambar yang dipilih (RAW,JPEG,dan sebagainya). Di bagian ini selain chipset yang berperan, software (firmware) dari kamera yang bersangkutan juga menetukan  hasil akhir gambar. Kedua  bagian inilah yang akan menentukan karakter dari kamera digital tersebut. Itulah sebabnya, setiap kamera memiliki software dan chipset sendiri-sendiri pada kamera mereka
5.       Proses yang terakhir adalah mengirimkan hasil file gambar dalam format yang dipilih ke bagian penyimpanan (storage) atau memory card. Biasanya, memory card berupa SD< CF dan sebagainya
6.       Tahapan selanjutnya adalah proses yang dilakukan di luar kamera. Namun pada kamera digital modern, masih menyediakan opsi pencetakan langsung yang disebut pictbridge, exifprint dan sebagainya



   Sumber: wordpress.com



23.  Retina Scan




    Retina scan itu sendiri adalah salah satu teknolgi biometri yang memiliki tingkat akurasi yang mampu meneliti lapisan pembuluh darah dibelakang selaput mata
Cara kerja dari retinal scan sendiri cukup sederhana yaitu ketika si pengguna menggunakan alatny maka sinar inframerah yang berada pada digital pendeteksi lansung secar otomatis mendeteksi sel saraf yang berada pada selaput mata belakang dan biasanya berlangsung 10-15 detik.

Sumber: wordpress.com


 24.  Pembaca Sidik Jari





  Pembaca sidik jari atau yg lebig dienal dengan mesin absensi . mesin absensi biometric adalah mesin absensi yang dikembangkan dengan bedasarkan keunikan dari mekanisme, fisik, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan tubuh mahluk hidup
Bagaimana cara kerja mesin  fingerprint reader? Sebelum sidik jari tiap karyawan akan discan dan hasilnya disimpan dalam bentuk digital. Rekaman sidik jari ini akan diproses dan dibuat pola fitur sidik jarinya. Pola ini kemudian disimpan dalam memri atau basis data. Pada saat proses identifikasi, karyawan hanya  perlu menempelkan jarinya (yang telah didaftarkan sebelumya )ke sensor mesin absensi, hasil scan akan dicocokan dengan pola yang telah tersimpan di basis  data. Jika cocok, mesin akan memberikan notifikasi sekaligus mencatat tanggal dan waktu masuk atau keluar

Sumber: wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peralatan Penyimpanan Data

Peralatan Output Komputer